Filosofi Jawa : Angka 60

0 356

Perlu di ketahui bahwa ada angka Jawa yang menyimpang . Itu terbukti karena di sini bukan disebut “nem puluh”, melainkan SEWIDAK atau SUWIDAK.

Kata SEWIDAK ini berarti “Sejatine wis wayahe tindak atau sesungguhnya sudah sepantasnya pergi.

Sehingga pesan moral yang bisa diambil dari bilangan ke 60 Jawa yaitu :

-Bahwa di usia ke 60-an seseorang itu sudah memasuki usia lanjut yang semestinya sudah matang,

-lebih berhati-hati dalam hidup dan tentu saja semakin banyaklah bersyukur, karena usia selebihnya hanyalah bonus dari Yang Maha Kuasa.

Dan yang terakhir, di usia yang ke 60-an ini, seseorang harus bersiap-siap untuk pergi meninggalkan dunia fana ini – tentunya sudah lebih dahulu mengumpulkan bekal untuk perjalanan di akhir nanti.

Apabila kita cermati secara seksama, maka sekali lagi kita bisa mendapatkan pengetahuan bahwa leluhur kita dahulu memanglah orang-orang yang hebat. Mereka adalah pribadi yang cerdas, sangat arif dan bijaksana, karena demi kebaikan dan keselamatan anak cucunya, mereka telah sudi menurunkan pesan moral yang berharga di dalam setiap angka dan bilangan yang ada. Sehingga setiap yang ada makna dan arti sebaiknya itu kita ambil yang baiknya, sebab juga akan mempengaruhi kita di masa depannya. Selain itu setiap kekayaan kebudayaan kita harus melestarikannya.

Source Angka 60 Di Jawa perjalanan cinta
Comments
Loading...