Anggar – Anggaran, Permainan Tradisional

0 311

Anggar – Anggaran, Permainan Tradisional

Indonesia adalah negara yang subur kebudayaan. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, setiap sudut dari Indonesia seakan memiliki warna yang berbeda. Salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah anggar-anggaran, permainan tradisional yang berasal dari Betawi.

Alat yang dibutuhkan untuk bermain adalah sebuah anggar yang terbuat dari pelepah pisang. Pelepah pisang digunakan karena mudah dibentuk dan dianggap tidak membahayakan. Cara membuat anggar dari pelepah pisang juga tidak sulit.

1. Pelepah pisang dibersihkan dulu dari daunnya dengan menggunakan pisau. Untuk anak-anak sebaiknya meminta pertolongan orangtua.

2. Bagian pelepah pisang yang digunakan cukup 1 meter saja. Potong dan buang sisanya jika batang pelepah pisang terlalu panjang.

3. Iris pelepah pisang sebanyak dua irisan. Irisan pertama sekitar 10-15 cm dari ujung pelepah pisang, sedangkan irisan kedua sekitar 10-15 cm dari irisan pertama.

4. Tekuk pelepah pisang pada irisannya sehingga berbentuk segitiga, kemudian ikat dengan menggunakan tali. Anggar sekarang sudah siap dipakai untuk bermain.

Permainan anggar dapat dimainkan paling sedikit oleh dua orang pemain dan seorang wasit. Inti dari permaiannya adalah mengenai tubuh lawan sebanyak mungkin dengan anggar yang kita pegang dan menghidar dari anggar lawan. Bagian tubuh yang boleh diserang hanya boleh dari bahu sampai ke kaki. Jika waktu yang ditentukan sudah habis, maka pemain yang paling banyak mengenai tubuh lawan dengan anggarnya dinyatakan menang.

Mudah bukan? Maka dari itu, mari kita coba untuk mulai bermain anggar. Selain menyenangkan, bermain anggar juga membantu tubuh kita tetap sehat karena kita memang harus menggerakan semua tubuh kita. Dan yang terpenting, dengan bermain anggar kita turut membantu menjaga eksistensi salah satu permainan tradisional Indonesia.

Source https://budaya-indonesia.org/Anggar-anggaran/ https://budaya-indonesia.org/Anggar-anggaran/
Comments
Loading...