Beberapa Kepercayaan Orang Jawa

0 256

Kepercayaan Orang Jawa

Adapun anggapan Jawa yang ada di antaranya ialah :

1.Dilarang Makan Mengunakan Tutup Piring

Tutup piring dibuat bukan untuk dipakai untuk makan. Pemahaman ini bertujuan mengembalikan peran barang sesuai dengan fungsinya. Coba bayangkan kalau makan mengunakan tutup piring, pasti belepotan, sebab tutup piring didesain bukan untuk makan. Sehingga hal tersebut tidak di anjurkan untuk di lakukan.

2. Duduk Diatas Bantal, Nanti Bisa Bisulan

Orang Jawa itu selalu identik dengan lesehan. Dari kebiasaan inilah, anak-anak menggunakan bantal tidur untuk alas tempat duduk. Mitos ini berkembang untuk mengajarkan bahwa tidak baik benda untuk kepala digunakan untuk alas pantat.

3. Anak Perempuan Yang Makan Sayap Ayam bisa Jauh Dari Jodoh

Sayap ayam memang banyak mengandung lemak, makanya remaja yang hormonnya sedang tidak stabil dikhawatirkan akan jerawatan setelah makan terlalu banyak sayap ayam. Pemahaman inilah yang dimaksud jauh dari jodoh, kalau wajah tidak bersih, anak perempuan susah dapat jodoh. Anggapan tersebut biasanya beredar sejak dahulu.

4. Bersiul Dimalam Hari Artinya Sedang Memanggil Hantu

Mitos Jawa yang satu ini berkembang karena pada orang pada dasarnya takut dengan hantu, selain itu bersiul dimalam hari, bisa menganggu tetangga disekitar. Terlebih lagi kalau didesa yang suasananya sepi saat malam. Hal ini juga berhubungan dengan kesopanan kita. Kesopanan bagi orang Jawa juga sangat di utamakan.

5. Menyapu Diarahkan Keluar, Artinya Menjauhkan Rezeki

Dalam perhitungan peruntungan Jawa, sebuah rumah harus mempunyai pintu belakang yang berfungsi untuk membuang kotoran saat menyapu dan digunakan untuk keluar masuk saat ada tamu agar tidak menganggu tamu tersebut.Mitos Jawa ini berkembang disaat banyak orang yang mulai membangun rumah yang tidak ada pintu belakangnya.

Dipercaya silaturahmi adalah pengundang rezeki, jadi tidak terlihat sopan jika ada tamu, kemudian menyapu kearah depan rumah. Sebaiknya yang di larang tidak di lakukan. Dan masih banyak anggapan yang lainnya pula.

Source Anggapan Orang Jawa vowasiknya.com
Comments
Loading...