Alat Musik Tradisional : Terompet Sunda, Alat Musik Sunda

0 202

Tarompét adalah salah satu alat musik yang dikenal secara luas dalam budaya Sunda. Nama “tarompet” berasal dari suara atau bunyinya yang “péét… péét …péét” yang dibidang linguistik dan ilmu music disebut onomatopoik.

Alat musik mainan anak serupa dengan itu, yang dibuat dari batang padi atau daun kelapa muda, juga disebut empét-empétan, yang bisa berarti dua macam:
(1) “yang berbunyi péét..péét,” dan
(2) “yang meniru [alat musik] empét.” 
Nama “terompet” biasa dipakai dalam bahasa Indonesia, yang berasal dari Barat, (trumpet)

Akan tetapi, jika trumpet Barat sumber bunyinya dari dua bibir peniupnya yang bergetar, sumber bunyi tarompét Sunda adalah dari empét, yang berupa lembaran atau lempeng-lempeng tipis (reed, “lidah”) yang dibuat dari daun kelapa kering. Lempengan empétinilah yang bergetar,saling beradu ketika ditiup sama dengan obo (oboe) yang dalam organologi (ilmu alat musik) disebut double reed (berlidah ganda). Jadi, dari sisi namanya tarompét ini dekat dengan “terompet” tapi dari sisi alatnya dekat dengan obo.

Lidah empét bukan hanya 2 (double), tapi ada yang 4 (quadrupel), ada yang 6 (hexaduple), bahkan ada yang 8 (“octadupel”). Tarompét Sunda yang paling dikenal luas adalah dalam ensambel gendangpenca (kendangpencak).Tapi, selain mengiringi (ibing) penca, gendang penca juga digunakan dalam banyak pertunjukan, seperti sisingaan, kuda rénggong, adu-domba, arak-arakan, sampyong (atau ujungan), sisingaan, permainan layang-layang, sulap.

Source Dinas Pariwisata dan Kebudayaan disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=893&lang=
Comments
Loading...