Alat Musik Tradisional : Tarling, Cirebon dan Sekitar

0 1.638

Dari sekian banyak musik daerah yang ada, salah satunya adalah TarlingTarling ini lebih dikenal di pantai Utara Pulau Jawa bagian Barat, tepatnya daerah Cirebon dan sekitarnya. Tarling adalah salah satu jenis kesenian daerah yang memiliki karakteristik lagu yang unik, baik segi komposisi musik, materi lagu, serta perkembangannya.  Hal itu menyebabkan cukup menarik untuk dijadikan bahan kajian dan penelitian, dalam memahami eksistensinya di lingkungan masyarakat pendukungnya.

Tarling sebagai karya intelektual musik khas Cirebon, memberikan andil mengangkat nilai-nilai budaya cirebon, dalam perkembangannya diperkirakan telah mengalami perubahan bentuk dan cara pengekspresian. Perubahan tersebut ditandai oleh beragamnya jenis irama musik Tarling, seperti : klasik, tarling dangdut, pop, dan tarling disko. Tarling klasik oleh sebagian pengamat seni Cirebon, dianggap sebagai sebagai musik identitas dan jati diri melodi Kota Udang (sebutan bagi kota Cirebon).

Beragamnya musik Tarling yang terus berubah dan berkembang di masyarakat luas, dikhawatirkan mengurangi fungsi identitas, serta mengalami distorsi bentuk yang akhirnya bukan mustahil akan semakin jauh dan kehilangan bentuk aslinya. Sebagai bentuk kepedulian, wujud kecintaan, serta khawatir akan degradasi di bidang seni musik khususnya musik daerah, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap keberadaan seni Tarling sebagai identitas musik daerah Cirebon tersebut. Disamping itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah daftar (studi-studi selanjutnya).

Source riyanhidayat28.wordpress.com riyanhidayat28.wordpress.com/makalah-tentang-tarling-dikembangkan-dari-pemikiran-beberapa-narasumber-dan-literatur
Comments
Loading...