Alat Musik Tradisional Sunda : Gambang Kayu

0 67

Alat Musik Tradisional Sunda : Gambang Kayu

Gambang merupakan jenis waditra alat pukul yang sumber bunyinya terbuat dari bilah-bilah kayu. Fungsi waditra ini sebagai adu manis lagu atau penghias lagu. Waditra ini merupakan bagian dari perangkat gamelan, seperti terdapat pada gamelan wayang atau gamelan pelog slendro.

Waditra gambang terbuat dari bahan baku kayu, baik untuk bagian rurumah, maupun untuk sumber bunyi yang berupa bilah-bilah nada. Untuk keseluruhan waditra gambang hampir menyerupai bentuk perahu. Paku-paku dipergunakan untuk menempatkan bilah-bilah nada pada bagian atas papalayu, yang dibawahnya diberi alas beruoa benang-benang dari bahan kain.

Gambang kayu ini termasuk alat musik pukul yang berasal dari daerah Jawa Barat, alat musik ini tidak jauh beda dengan arumba, perbedaannya terdapat pada anak nadanya, jika arumba anak nadanya terbuat dari bambu, gambang kayu ini anak nadanya terbuat dari kayu. Nada yang digunakan biasanya nada salendro, atau pelog karena gambang kayu ini merupakan gambang pertama dibuat untuk mengiringi gending (musik) dari pawayangan. Bahan kayu untuk membuat anak nada dari gambang ini harus kering dan usahakan tidak ada kadar air sedikitpun, karena akan mempengaruhi dari suara gambang itu sendiri.

Source http://artculture567.blogspot.co.id/ http://artculture567.blogspot.co.id/2016/03/gambang-kayu.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.