Alat Musik Tradisional Sunda : Calung Rantay

0 67

Suku Sunda adalah salah satu suku yang ada di Negara Indonesia yang mempunya kreatifitas. Penduduk sunda selalu mempunyai daya kreasi yang sangat tinggi, salah satunya dalam berkesenian. Hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya beberapa seni-seni yang mulai bermunculan di daerah Jawa Barat.

Kota Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu pusat dari kesenian khas Sunda. Di Kota Bandung terdapat banyak sekali alat-alat musik tradisional yang masih kerap dimainkan di beberapa tempat di Kota Bandung.

Seiring kemajuan pada zaman, alat musik ini tidak pernah lekang, bahkan alat musik tradisional ini masih kerap dimainkan dalam berbagai macam pertunjukan yang kerap di adakan pada Kota Bandung ini. Salah satu alat musik dari Sunda adalah Calung.

Calung adalah alat musik purwarupa dan termasuk kedalam jenis alat musik idiofon yang terbuat dari bambu, Calung cukup dikenal juga oleh masyarakat Banyumas (salah satu Kabupaten di Jawa Tengah). Hingga saat, Calung yang kita ketahui memiliki 2 bentuk yang dikenal masyarakat umum yakni Calung Rantay dan Calung Jinjing. Kali ini admin akan membahas tentang Calung Rantay.

Calung Rantay memiliki 7 wilahan (ruas bambu) atau lebih yang tabungnya dideretkan dan diurutkan dari ukuran yang terbesar hingga terkecil. Cara memainkan Calung Rantay adalah dengan dipukul dengan dua tangan sambil duduk sila. Calung jenis ini bisa anda temukan terikat di pohon atau bilik rumah di daerah Banjaran, Bandung.

Source http://www.budayanusantara.web.id/ http://www.budayanusantara.web.id/2018/01/lengkap-alat-musik-tradisional-sunda.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.