budayajawa.id

Alat Musik Tradisional Sunda : Bangbaraan

0 25

Suku Sunda adalah salah satu suku yang ada di Negara Indonesia yang mempunya kreatifitas. Penduduk sunda selalu mempunyai daya kreasi yang sangat tinggi, salah satunya dalam berkesenian. Hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya beberapa seni-seni yang mulai bermunculan di daerah Jawa Barat.

Kota Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu pusat dari kesenian khas Sunda. Di Kota Bandung terdapat banyak sekali alat-alat musik tradisional yang masih kerap dimainkan di beberapa tempat di Kota Bandung.

Seiring kemajuan pada zaman, alat musik ini tidak pernah lekang, bahkan alat musik tradisional ini masih kerap dimainkan dalam berbagai macam pertunjukan yang kerap di adakan pada Kota Bandung ini. Salah satu alat musik tradisional Sunda adalah Bangbaraan.

Bangbaraan merupakan alat musik tradisonal Sunda peninggalan kerajaan Sukapura yang terbuat dari bambu bernada menyerupai ‘karinding’ dan dahulu sering dipakai anak-anak menggembala kerbau terutama ketika ritual misalin dilakukan. Misalin adalah tradisi bersuci dan mengantarkan makanan (pontrang) yang dilakukan warga setiap kali menjelang Ramadan.

Bentuknya mirip bilah angklung. Salah satu ujung ruas diraut hingga memiliki dua sisi. Sebuah lubang dibuat pada ujung yang lain. Saat dibunyikan, suaranya mirip karinding. Bambunya dipilih yang tua dan berkualitas. Bambu dijemur dulu selama tiga bulan sebelum dibuat menjadi Celempung atau Bangbaraan.
Pada kesenian karinding, pemain memerlukan alat bantu sound system agar suaranya terdengar keras. Tetapi Bangbaraan tidak perlu alat bantu. Suara yang dihasilkan oleh tiga pasang Bangbaraan sudah cukup untuk dapat didengar dengan baik. Tentu saja, ketika ditampilkan, tak hanya Bangbaraan yang dimainkan. Ada juga celempung, kempringan, dan kecrek.
Source http://www.budayanusantara.web.id/ http://www.budayanusantara.web.id/2018/01/lengkap-alat-musik-tradisional-sunda.html
Comments
Loading...