Alat Musik Tradisional Provinsi Jawa Barat : Suling Sunda Lubang Enam

0 62

Alat Musik Tradisional Jawa Barat: Suling Sunda Lubang Enam

Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Suling Sunda ini termasuk alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari Jawa Barat. Suara dari Suling Sunda juga sangat menyayat hati dan ketika kita sedang mendengarkan alunannya, kita merasa sedang disawah. Tapi tidak semua suling bersuara indah, karena kualitas suara suling berasal dari bahan.

Ada beberapa jenis suling Sunda, mulai suling yang memiliki lubang enam, empat, lima dan suling gaya baru yaitu suling lubang delapan dan lubang tujuh, jenis yang terakhir ini merupakan pengembangan dari suling lubang enam. Namun secara umum suling Sunda hanya terdapat tiga jenis yaitu: suling lubang enam, lima dan empat. Jenis dan fungsinya secara umum tentang suling Sunda lubang enam dapat kita bedakan secara singkat seperti dibawah ini :

Suling Sunda Lubang Enam

Suling lubang 6 adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat Indonsia, Alat musik tiup ini mempunyai 6 lubang untuk penghasil nada, dari 6 lubang ini dapat menghasilkan nada sekitar 4 jenis nada, entah itu nada diatonis, maupun pentatonis, dan untuk pentatonisnya alat musik tiup ini mampu menghasilkan nada sekitar 3 jenis nada, yakni : Pelog, Salendro, dan madenda.

Suling Sunda Lubang Enam ini digunakan untuk mengiringi tembang dan kawih namun lebih dominannya pada tembang, fungsinya adalah sebagai nada dasar pesinden dalam bernyanyi, membawakan melodi dan melilit melodi, ornamentasi yang dimainkan suling pasti sama dengan sinden, sementara laras yang digunakan adalah: laras pelog, pelog degung, madenda dan kadang salendro tapi untuk laras yang satu ini jarang digunakan oleh suling Ini.

Source https://semuatentangprovinsi.blogspot.co.id/ https://semuatentangprovinsi.blogspot.co.id/2016/05/alat-musik-tradisional-provinsi-jawa-barat.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.