budayajawa.id

Alat Musik Tradisional : Lisung / Lesung (Cilegon, Banten)

0 38

Lesung adalah alat tradisional dalam pengolahan padi atau gabah menjadi beras. Fungsi alat ini memisahkan kulit gabah (sekam, Jawa merang) dari beras secara mekanik. Lesung terbuat dari kayu berbentuk seperti perahu berukuran kecil dengan panjang sekitar 2 meter, lebar 0,5 meter dan kedalaman sekitar 40 cm. Lesung sendiri sebenarnya hanya wadah cekung, biasanya dari kayu besar yang dibuang bagian dalamnya. Gabah yang akan diolah ditaruh di dalam lubang tersebut.

Padi atau gabah lalu ditumbuk dengan alu, tongkat tebal dari kayu, berulang-ulang sampai beras terpisah dari sekam. Perbedaan Lesung Banten terletak dari kayu embacang yang tua. Lesung yang dipukul-pukul merupakan salah satu kesenian masyarakat Cilegon, Banten, dinamakan Bedrong Lesung. Awalnya kesenian ini merupakan tradisi masyarakat setempat dalam menyambut Panen Raya, dengan tujuannya untuk mengungkapkan kebahagiaan atas jerih payah yang dilakukan, dan yang telah membuahkan hasil. Kesenian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu seperti hajatan, sunatan, atau acara sukaria setelah panen.

Source semuatentangprovinsi.blogspot.co.id semuatentangprovinsi.blogspot.co.id/2016/05/alat-musik-tradisional-provinsi-banten.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.