Alat Musik Tradisional : Langgir Badong, dari Bogor

0 42

Langgir Badong. Alat musik tradisional dari Bogor ini mampu menghasilkan melodi dari harmonisasi alunan merdu suara pukulan bambu yang dikolaborasikan dengan tarian dan lirik lagu yang modern. Lagu-lagu yang ceria dan penuh semangat dibawakan dengan asyik dan unik oleh Langgir Badong (bambu gendong). Langgir Badong adalah sebuah kesenian kreasi yang dibesarkan di daerah Bogor. Alat musik ini seluruhnya terbuat dari bambu. Seni kreasi yang diciptakan oleh Ade Suarsa ini menggunakan bambu dalam berbagai ukuran dan bentuk yang ditabuh sebagai penghasil suara utama. Misinya, melestarikan budaya rakyat dalam gaya bermusik. Menurut Ade Suarsa, bermusik tidaklah harus mengikuti apa yang diinginkan oleh industri.

Justru bermusik dengan alat musik tradisional akan membentuk pasarnya sendiri, sekaligus melestarikan budaya lokal dalam bermusik

Ujar Ade. Langgir Badong adalah satu contoh apresiasi generasi muda dewasa terhadap budaya lokal yang dikemas dalam bentuk modern. Sebenarnya, antusiasme generasi muda dewasa terhadap budaya lokal yang dikemas dalam bentuk modern masih sangat besar. Bukan saja soal musik, tapi juga kuliner, kegiatan tradisional hingga hiburan rakyat. Semua fenomena budaya ini difasilitasi oleh Sampoerna Kretek, yang juga memiliki kepedulian terhadap kelestarian budaya lokal dalam sebuah gelaran pesta rakyat bertajuk Sampoerna Kretek Asyiiik Fest yang digelar di 6 kota, Malang, Semarang, Sukabumi, Karawang, Bandung, Bogor. 

Source beritasatu.com beritasatu.com/hiburan/83482-langgir-badong-apresiasi-generasi-muda-pada-budaya-lokal.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.