Alat Musik Tradisional : Kacapi Tembang, Disetiap Sunda

0 48

Kecapi Tembang hampir terdapat disetiap daerah di Tatar Sunda. Selain disebut Kecapi Tembang ada juga yang menyebutnya dengan Kecapi Perahu karena bentuknya mirip dengan Perahu atau Kapal Layar, tapi ada juga yang menyebutnya Kecapi Gelung karena kedua ujungnya bergelung. Kecapi ini terbuat dad kayu pilihan seperti Kayu Mahoni, Kananga atau Jamuju dan bentuknya pun antik, menarik serta indah dipandang.

Kecapi Tembang ini terdiri dari :
– Kecapi Indung yang ukurannya besar dan di depannya terdapat Pureut yang terbuat dari kayu. Gelung ujung Kecapi sebelah kiri Iebih besar dari gelung ujung Kecapi sebelah kanan. 
– Kecapi Rincik yang ukurannya lebih kecil dan pendek dari Kecapi Indung, Pureutnya terdapat pada ujung kecapi sebelah kanan dan ujung kecapi sebelah kiri gelungnya Iebih pendek

Kecapi Indung terbuat dari kayu guluntungan atau golondongan yang dibobok seperti lubang pada Lesung dan pada dasamya diberi lubang memanjang. Diatasnya ditutup dengan papan kayu dan pada papan tersebut terdapat kawat yang direntangkan. Ujung kawat yang satunya dimasukan ke lubang mata Itik dan kemudian digulungkan pada pureut kayu begitu dengan ujung kawat yang satunya yang dipasangkan pada ujung kecapi sebelah kanan. Pureut ini berfungsi sebagai pengatur nada, untuk melaraskan atau menyurupkan. Pada Kecapi Rincik bahan yang digunakannya sama dengan Kecapi Indung, pureutnya besi.

Source Dinas Pariwisata dan Kebudayaan disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=591&lang=id
Comments
Loading...