Alat Musik Tradisional : Jengglong (Temprak), Jawa

0 513

Jengglong adalah instrumen musik dari daerah Jawa Barat yang berfungsi sebagai kerangka lagu dan pembuat nada dasar. Cara memainkan alat ini dipukul dengan alat pukul empuk. Jengglong berbentuk bilah-bilah yang berderet di atas ruang suara atau resonator. Bilah-bilah terbagi pada dua buah ancak yang masing-masing berjumlah 3 bilah dan permukaannya berpencong dengan diameter 30-40 cm. Selain berbentuk bilahan, alat ini terkadang berbentuk bulat dan permukaannya berpencong.

Seperti halnya bonang dan sarong, jengglong dibuat dari bahan dasar perunggu, kuningan atau besi, sedangkan pemukulnya dari kayu yang berbentuk lurus pada ujungnya dibalut dengan rajutan benang wol. Jengglong adalah alat musik yang berasal dari wilayah Jawa Barat, alat musik ini masih satu keluarga dengan bonang, saron dan goong juga kendang sunda. Jengglong dimainkan dengan cara dipukul, alat musik ini mempunyai nada dasar pentatonis yakni tangga nada yang berjumlah 5 nada. Biasanya bernada Pelog, dan sering dimainkan dalam pagelaran degung, berbeda dengan Bonang yang berperan sebagai pangkat dari musik degung, jengglong ini berfungsi sebagai pengiring di dalam musik degung.

Source kesenianmusikgarut.blogspot.co.id http://kesenianmusikgarut.blogspot.co.id/2017/03/jengglong-adalah-instrumen-musik-dari.html
Comments
Loading...