Alat Musik Tradisional Jawa Timur : Saronen

0 1.048

Saronen

Berbagai macam dan jenis serta kegunaannya alat musik dari Jawa Timur memiliki keunikan dan khas tersendiri. Hal tersebut membuat daerah Jawa Timur memiliki suatu hal yang bisa menjadi kebanggaan sendiri. Salah satu alat musik yang di miliki oleh daerah Jawa Timur ini ialah Saronen.

Berdasarkan asal usul dan sejarahnya,mulanya, kesenian Saronén adalah instrumen yang dipakai sebagai media dakwah untuk mengajak masyarakat memeluk agama Islam. Kegiatan itu dilakukan oleh cicit dari Sunan Kudus, yakni Kyai Khotib.

Menurut kabar yang beredar serta pemahaman yang di dapat oleh masyarakat setempat, kesenian musik tradisional tersebut awalnya dilakukan pada hari Senin pada pasar, di daerah Sendang, Paragaan Sumenep.

Alat Musik Tradisional Saronén dimainkan dengan cara ditiup, hampir sama dengan terompet yang terdiri dari 6 lubang pengatur nada berjajar layaknya lubang pada suling.

Yang membedakan, tempat tiup dari alat ini dibuat berbentuk kumis yang terbuat dari batok kelapa, dan tubuhan yang dipilih untuk  alat tersebut terbuat dari kayu jati pilihan. Sehingga salah satu yang membuat alat ini unik adalah tidak sembarangan pohon bisa digunakan untuk membuat alat tradisional yang satu ini.

Source Alat Musik Tradisional Jawa Timur Saronen musik my style
Comments
Loading...