Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Tarawangsa

0 546

Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Tarawangsa

Alat musik tradisional yang terdapat di Jawa Barat sangatlah beragam. Alat musik tradisional Jawa Barat yang dimainkan dengan cara di gesek biasa disebut dengan Tarawangsa. Alat musik tradisional Tarawangsa ini keberadaannya lebih tua dari alat musik rebab. Terbukti alat musik tradisional Tarawangsa disebutkan dalam naskah kuno abad ke 18 sewaka darma. Sehingga dapat dibuktkan bahwa alat musik yang satu ini sudah memiliki umur yang cukup tua.

Alat musik ini dapat ditemui di beberapa daerah di Jawa Barat dan Banten. Diantaranya yaitu di daerah Rancakalong (Sumedang), Cibalong dan Cipatujah (Tasikmalaya), Banjaran (Bandung) dan Kanekes (Banten).

Alat musik ini memiliki 2 dawai, namun hanya satu dawai saja yang dibunyikan dengan cara digesek. Selebihnya dawai tersebut dibunyikan dengan dipetik dengan jari telunjuk tangan kiri. Tarawangsa sebagai salah satu alat musik tradisional ini sering dimainkan dengan diiringin oleh alat musik sejenis kecapi yang disebut dengan Jentreng. Alat musik ini satu diantara musik Jawa Barat yang sangat unggul dan merupakan alat musik turun temurun dari generasi sebelumnya.

Pemain Tarawangsa hanya terdiri dari dua orang, yaitu satu orang pemain Tarawangsa dan satu orang pemain Jentreng. Semua Pemain Tarawangsa terdiri dari laki-laki, dengan usia rata-rata 50 – 60 tahunan. Sehingga untuk pemainnya saja tidak sembarangan harus yang sudah mengerti dan faham mengenai alat tersebut.

Source Alat Musik Tradisional Jawa Barat - Tarawangsa tradisikita
Comments
Loading...