Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Celempung

0 745

Alat Musik Tradisional Jawa Barat Celempung

Alat musik Jawa Barat yang terbuat dari hinis bambu  atau kulit bambu yang dimainkan dengan cara dipukul disebut juga dengan Celembung. Seperti halnya alat musik tradisional karinding, pukulan pada sebuah bambu pada celempung akan menghasilkan resonansi bunyi.

Alat musik tersebut merupakan kekayaan yang di miliki oleh Jawa Barat sebagai ciri khas dan budaya yang ada di tempat tersebut. Dan bisa menjadi keunggulan dari daerah asal.

Celempung dimainkan dengan 2 cara   di antaranya ialah :

-Dipukul atau  kedua alur dengan cara  dipukul bergantian, tergantung ritme dan suara yang diinginkan , sehingga tidak sesukanya saja dalam memukul alat tradisional tersebut,

-Serta diolah atau tangan kiri mengatur besar kecil suara yang keluar dari badan Celempung .

Suara tinggi diperoleh dengan membuka lebih lebar. Suara rendah dengan menutup rapat lubang. Suara yang dihasilkan celempung bisa beragam, tergantung keahlian pemain.

Sehingga pemain dari alat tradisional Celembung itu sangat menentukan nada dan suara yang di hasilkan. Sehingga di utamakan dan di harapkan yang memainkannya adalah orang yang handal dan memang sudah tau akan alat tradisional yang satu ini.

Menurut Kangdede banyak jenis dan macamnya dari alat tradisional Celempung ini. Akan tetapi,  yang Kangdede yakini alat musik celempung yang berasal dari Sunda atau Jawa Barat adalah bentuk pada umumnya.

Source Alat Musik Tradisional Jawa Barat - Celempung tradisikita
Comments
Loading...