Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Calung

0 1.767

Alat Musik Tradisional Jawa  Barat : Calung

Jawa Barat memiliki banyak alat musik tradisional yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Salah satu alat musik tradisional tersebut adalah Calung.

Bentuk Calung ini hampir sama dengan Angklung. Perbedaannya dengan Angklung yaitu jika Angklung digunakan dengan cara digoyang, alat musik tradisional Jawa Barat yang bernama Calung ini dibunyikan dengan cara dipukul. Biah bambu yang disusun berjajar ini dipukul ruas-ruasnya sehingga menimbulkan nada. Nada yang di keluarkan oleh alat ini juga khas terdengar.

Alat musik calung memang merupakan prototipe dari alat musik angklung. Alat musik ini dibuat dari bambu, untuk pembuatan Calung kebanyakan dari bahan awi wulung atau bambu hitam. Namun, ada pula yang dibuat dari awi temen atau bambu yang berwarna putih.

Alat musik ini dapat dibedakan menjadi 2 yaitu Calung Rantay dan Calung Jinjing. Calung Rantay bilah tabungnya dideretkan dengan tali kulit waru atau lulub dari yang terbesar sampai yang terkecil, jumlahnya 7 wilahan (7 ruas bambu) atau lebih. Sedangkan Calung Jinjing berbentuk deretan bambu bernada yang disatukan dengan sebilah kecil bambu atau paniir.

Setiap alat musik tradisional pasti memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing, selain itu juga akan menimbulkan bunyi dan nada yang khas yang berbeda dengan yang lainnya. Hal tersebut yang digunakan untuk pembeda sehingga orang awam yang akan memainkannya tidak sulit untuk membedakan alat tersebut.

Source Alat Musik Tradisional Jawa Barat - Calung tradisikita
Comments
Loading...