Alat Musik Tradisional : Gamelan Topeng, DKI Jakarta

0 100

Gamelan Topeng merupakan seperangkat gamelan untuk mengiringi seni pertunjukan Topeng Betawi. Sama halnya dengan Gambang Kromong dalam mengiringi pertunjukkan Lenong. Orkes jenis ini merupakan penyederhanaan dari gamelan lengkap. Ia terdiri dari kumpulan alat musik seperti rebab, seperangkat gedang (gendang besar dan kulanter), ancak kenong tiga pencon, kecrek dan kempul yang digantung pada sebuah

gawangan

dan sebuah gong tahang yang biasa disebut gong angkong. Kenong tiga pencon ditabuh oleh dua panjak/pemain. Panjak pertama menabuh pencon kenong (“ngenong”), dan satu lagi menabuh kenceng atau pinggiran kenong (“ngenceng”). Kesederhanaan orkes ini membuatnya sangat mudah dibawa untuk “ngamen” dari kampung ke kampung. “Ngamen” ini utamanya dilakukan pada perayaan tahun baru Masehi dan Imlek, sebagaimana dilakukan rombongan almarhum Haji Bokir pada era 1950an.

Pertunjukkan Topeng selalu diawali dengan pemukulan kempul. Alat musik ini memegang peranan penting sebagai penanda pertunjukkan segera dimulai, kemudian disusul gesekan rebab tunggal atau “arang-arangan” yang panjangnya tergantung kesempatan. Ia juga berfungsi untuk mengumpulkan anjak yang belum siap ditempat. Dilanjutkan dengan “talu” atau “tetalu” yang ditabuh lebih keras dari sebelumnya. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan penonton. setelah itu barulah pertunjukan pendahuluan atau pralakon tari-tarian dimulai. Pralakon diawali seorang bodor dan ronggeng topeng (penari topeng) yang membawakan “Lipet Gandes”. Setelah pralakon selesai, pertunjukkan inti.

Source sumber.com sumber.com/component/k2/sumber/gamelan-topeng.html
Comments
Loading...