Alat Musik Tradisional : Dogdog Lonjor, Banten Selatan

0 100

Dogdog Lojor adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Banten selatan. Alat musik satu ini memiliki bentuk seperti bedug, hanya saja memiliki bentuk yang lebih kecil dan memanjang. Dogdog Lojor ini biasanya digunakan untuk mengiringi berbagai acara adat seperti seren taun, ruwatan dan lain-lain. Asal Mula Dogdog Lojor. Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Dogdog Lojor ini muncul pertama kali dan berkembang di Kabupaten Lebak, Daerah Banten Selatan.

Di sana alat musik ini menjadi salah satu pengiring dan bagian dari ritual adat masyarakat setempat seperti seren taun atau ruwatan. Bagi masyarakat Banten khususnya masyarakat baduy, alat musik Dogdog Lojor ini memiliki peran penting dan dianggap sebagai salah satu pusaka kesenian yang mengandung nilai-nilai magis dan sejarah di dalamya. Alat musik ini dinamakan Dogdog Lojor karena apabila ditabuh akan berbunyi :

dog..dog..dog

Sehingga banyak yang menyebutnya dengan “dogdog”. Sedangkan lojor sendiri dalam bahasa sunda Banten berarti “panjang”, hal tersebut dilihat dari ukuran Dogdog Lojor yang panjangya hampir satu meter. Maka dari itu Dogdog Lojor ini dapat diartikan sebagai “Dogdog Panjang”. Fungsi Dogdog Lojor. Dogdog lonjor ini biasanya dijadikan sebagai salah satu alat musik pengiring dalam berbagai acara seperti seren taun, ruwatan, syukuran dan acara lainnya. Bagi masyarakat Banten baduy.

Source negerikuindonesia.com negerikuindonesia.com/2015/09/dogdog-lojor-alat-musik-tradisional.html
Comments
Loading...