Alat Musik Tradisional : dengan Alat Musik Gamelan

0 162

Musik dengan alat musik gamelan sebagai terapi jiwa untuk pasien Rumah Sakit Jiwa Grhasia, Pakem, Sleman, disikapi Agus ’Patub’ Budi Nugroho dengan selalu mempelajari dulu cara berpikir dan cara belajar peserta, termasuk pasien tersebut, sebelum diajari. Masih banyak pendidik yang menyeragamkan cara berpikir siswa. Diungkap Agus ’Patub’, seniman musik yang tinggal di Dusun Ngangkruk, Caturharjo, Sleman, bahwa gamelan cukup sederhana cara dimainkannya.

Hanya dipukul (perkusif) dan bernada, serta terlihat jelas bilah-bilah nadanya, apalagi untuk orang penderita gangguan jiwa, merupakan sarana untuk menggiatkan otak kiri, berpikir dengan suara atau nada. Kita harus selalu me-nol-kan pikiran dan tendensi kita sekian detik atau menit sebelum mengajar, untuk memenuhi ruang belajar mereka dan ruang berpikir bersama. Selalu begitu, setiap hari pertama bertemu dengan peserta baru. Jika tidak di-nol-kan, kelas atau ruang belajar tidak akan ‘kaya’, karena kita sudah merasa ‘kaya’.dulu.

’Miskin’-kan diri terus, supaya menjadi ’kaya’. Kuncinya, kita harus merendah di hadapan orang baru dan masyarakat baru. Tidak perlu sungkan bertanya apa saja, dan berkenalan dengan siapa saja, di mana pun bertemu. Perjuangan seniman mengajar, yang betul-betul itu, betul-betul sulit. Perlu rendah hati, sabar, dan bersungguh-sungguh. Belajar musik bagi Agus ’Patub’ merupakan sarana belajar hidup dan pergaulan sosial. Di sana ada keras lembut, cepat.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.sS9V5Ljp86-HV0wJ5e0FNaq-OZrLheSx-pkDD-6uerXMiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...