Alat Musik Tradisional : Celempung, Instrumen Musik

0 362
Celempung adalah sebuah waditra atau instrumen musik tradisional jenis alat pukul ini terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara dipukul oleh alat bantu pemukul. Waditra ini berperan seperti kendang atau gendang, yaitu sebagai pengatur irama lagu. Bentuk penyajian waditra ‘Celempung’ dinamakan ‘Celempungan’. Pertunjukan dilengkapi waditra kacapi, rebab atau suling dan sebuah goong buyung. Pengertian istilah – Celempungan merupakan alat bunyi yang diadopsi dari ‘Icikibung’, yaitu bunyi sebuah permainan tradisional berupa pukulan telapak tangan dan gerak sikut diatas permukaan air, sehingga menimbulkan bunyi-bunyi yang khas.
Permainan ini biasa dimainkan oleh para wanita (gadis) yang sedang mandi di sungai. Bunyi dari permainan ‘Icikibung’ itu ditiru dan dipindahkan menjadi waditra yang terbuat dari bambu besar (awi gombong) yang disebut ‘Celempung’. Bahan dan Rancang Bangun – Bahan dasar waditra ‘Celempung’ dibuat dari bahan bambu, untuk yang berbentuk bulat. Sedang untuk yang berbentuk segi enam atau segi delapan terbuat dari bahan kayu. Alat pemukulnya dapat dibuat dari bahan bambu atau kayu yang ujungnya dibalut dengan kain atau benda tipis agar menghasilkan suara nyaring, jika dipukulkan pada celempung.

Bagian-bagian celempung: 

  • ‘Sirah’ penutup pinggir sebelah kiri
  • ‘Pongpok’, penutup sebelah kanan, dua utas sembilu berfungsi sebagai senar
  • ‘Talingkup’ penghubung kedua utas sembilu
  • ‘Nawa’ sebagai lubang suara
  • ‘Baham’ sebagai tempat pengolah suara.
Source semuatentangprovinsi.blogspot.co.id semuatentangprovinsi.blogspot.co.id/2016/05/alat-musik-tradisional-provinsi-jawa-barat.html
Comments
Loading...