Alat Musik Tradisional Betawi: Gambang Kromong

0 52

Alat Musik Tradisional Betawi: Gambang Kromong

Budaya yang ada di jakarta adalah budaya campuran dari budaya etnis yang bervariasi (terkenal dengan istilah Mestizo). Sejak datangnya Belanda, Jakarta yang dahulunya namanya adalah Sunda kelapa yang merupakan ibu kota Indonesia yang seakan menjadi daya tarik pendatang yang berasal dari berbagai macam tempat.

Jakarta sebelum terkenal dengan Kerajaan Sunda-nya pun mempunyai berbagai peninggalan alat musik tradisional yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Kita akan ulas hal tersebut dalam artikel seputar alat musik tradisional betawi beserta gambarnya. Secara umum jenis / model kesenian pada Jakarta banyak yang dipakai sebagai pemeriah pesta adat, pernikahan apa-pun dan jenis orkesnya rata-rata mempunyai unsur alat musik moderen yang bisa membantu mengisi untuk menambahkan melodinya. Jika anda memperhatikan hal tersebut dengan seksama di orkes satu dan orkes lainnya sangat berbeda.

Orkes gambus berorientasi padang pasir, Orkes dangdut berorientasi India, sedangkan untuk Orkes Melayu berorientasi Melayu, begitulah yang bisa saya tanggap jadi itu semua bergantung pemakaian kebutuhannya alat musik khas suku Betawi tetap mengisi posisi yang kosong itu.

Gambang Kromong

Alat musik tradisional betawi Gambang Kromong merupakan orkes musik yang di namanya ada perbaduan 2 buah benda, yakni Gambang dan Kromong, Gambang kromong memanfaatkan alat musik tradisional khas betawi pada sebuah pementasannya. Ada juga yang menjulukinya menjadi orkes Tradisi Cina Banteng.

Gambang Kromong juga merupakan bukti dari sebuah toleransi terhadap sesama yang selaras, di unsur pribumi dengan etnis Tionghoa, mengapa seperti itu? Walaupun alat musik ini dipakai terdapat nuansa Tionghoa layaknya Sukong, Tehyan, dan Kongahyan, Perpaduan itulah yang menjadikan suatu perbedaan menjadi indah.

Source https://alatmusik.org/ https://alatmusik.org/alat-musik-tradisional-betawi/
Comments
Loading...