Alat Musik Tradisional : Arumba, Esemble Musik Seniman

0 54

Arumba sendiri bukanlah sebuah alat musik yang bisa kita mainkan seperti layaknya angklung atau semacamnya, nama Arumba sendiri sebenarnya adalah esemble musik yang tercipta dari sebuah ide cemerlang salah satu seniman alat musik. Alat musik tradisional arumba terbuat dari bambu pilihan seperti awi temen, tali dan wulung (bambu hitam). Seperti yang sudah kita sedikit singgung tentang sejarah alat musik tradisional arumba menurut informasi yang kita dapatkan awalnya seorang seniman musik bernama Yoes Roesadi beserta teman-temannya membentuk sebuah kelompok musik yang menggunakan alat musik tambahan angklung sebagai aransemen musiknya (jajaran ensemble lebih tepatnya).

Ketika mereka sedang menaiki truk untuk menuju Jakarta untuk “manggung”, mereka mendapatkan sebuah ide unik dengan menamai grup mereka itu dengan sebutan Arumba yang pada dasarnya adalah kependekan dari Alunan Rumpun Bambu. Yoes Roesadi dan kawan-kawan membentuk grup musik yang secara khusus menambahkan angklung pada jajaran ensemble-nya. Ketika sedang naik truk untuk pentas ke Jakarta, mereka mendapat ide untuk menamai diri sebagai grup Arumba (Alunan Rumpun Bambu).

Cara memainkan Arumba. Menurut penuturan salah satu seniman musik asal Bandung Bpk. Mochamad Burhan, Yoes Roesadi memainkan angklung Pa Daeng ini secara perseorangan atau istilahnya solo dengan cara menggantungkan angklung-angklung melodi Pa Daeng pada tiang gantungan 2 tingkat, dimana nada-nada utamanya digantungkan.

Source alatmusikindonesia.com alatmusikindonesia.com/alat-musik-tradisional-jawa-barat

Leave A Reply

Your email address will not be published.