Alat Musik Tradisional : Angklung Jathilan, Sleman

0 160

Angklung yang merupakan salah satu unsur instrumen musik jathilan. Perangkat Musik Jathilan. Musik jathilan terdiri beberapa musik tradisional yang diharmonisasikan menjadi alunan musik yang dapat mengiringi keindahan tarian jathilan. Musik jathilan terdiri dari bendhe atau canang, kendang, angklung, dan bem (terban yang cukup besar). Cerita dan Tarian Jathilan. Tarian dalam jathilan mengandung unsur cerita yang akan disampaikan pada para penonton.

Pada umumnya cerita diambil dari Babad Kediri (Cerita Panji), kisah Ramayana, dan  ada juga yang mengambil cerita Aryo Penangsang. Cerita yang terkandung di dalamnya memiliki unsur peperangan antar dua kelompok pasukan berkuda. Jumlah pemain biasanya selalu genap dan saling berhadapan sebagai penerjemahan peperangan yang terkandung dalam cerita yang dibawakan. Pada umumnya jumlah kuda lumping adalah 6, 8, dan 10. Untuk menambah kemeriahan dalam pementasan jathilan ditambah beberapa penari yang berperan sebagai :
1.  Bejer dan Penthul Bejer dan Penthul adalah badut yang memakai topeng yang berwajah lucu. Dalam menari Bejer dan Penthul sering membuat gerakan yang lucu. Kedua tokoh ini berperan sebagai abdi yang tingkah polahnya sangat konyol dan sering membuat penonton tersenyum.
2. Barongan (barong) Barong atau barong adalah tiruan sejenis hewan seperti babi hutan dan sapi. Tugas Barongan ini bertugas mengawal jalannya  peperangan dalam cerita. Unsur Magis dalam Jathilan Jathilan sering dihubungkan dengan magis. 

Source moergiyanto.wordpress.com moergiyanto.wordpress.com/2013/05/09/jathilan
Comments
Loading...