budayajawa.id

Alat Musik Tong-Tong Dari Madura

0 25

Alat Musik Tong-Tong Dari Madura

Tong-tong atau kentongan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Madura. Tong-tong atau kentongan pada awalnya hanya dimainkan untuk membangunkan para warga ketika sahur. Alat musik ini pada umumnya terbuat dari bambu atau dari kayu. Awal mulanya, tong-tong ini hanya terdiri dari 3 buah nada, yakni nada tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dengan perkembangan zaman, alat musik tradisional ini dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik lainnya. Namun, dalam memainkannya tetap keras bertalu-talu.

Musik yang bertalu-talu tersebut dianggap menggambarkan sebuah kegembiraan dari masyarakat Madura. Memang baik itu tong-tong atau saronen biasanya akan dimainkan di dalam suasana yang riang gembira, seperti pada acara karapan sapi, sapi sono, dan kemeriahan sejenis lainnya.

Ketika dimainkan, musik tong-tong selain dalam bentuk instrumen, kerap juga dilengkapi dengan nyanyian. Lagu-lagu yang dinyanyikan biasanya secara bersama-sama (koor) dengan lagu-lagu Madura, seperti Olle olang, pajjar lagghu, serta lainnya dan kadang pula dinyanyikan dengan lagu-lagu qosidah.

Source https://www.kamerabudaya.com/ http://www.kamerabudaya.com/2017/10/inilah-9-alat-musik-tradisional-dari-jawa-timur-beserta-penjelasannya.html
Comments
Loading...