Alat Musik Rending Dari Madura

0 217

Alat Musik Rending Dari Madura

Rending merupakan salah satu alat musik masyarakat Madura yang sangat sederhana bentuknya. Terbuat dari silatan (kulit) bambu dengan ukuran panjang sekitar 12,5 cm. Silatan bambu ini tengahnya sebagian dikerat menjadi belahan memanjang sedemikian rupa halusnya sehingga dapat berfungsi sebagai alat penimbul getaran. Jika pangkal ujungnya ditarik dengan untaian tali yang terikat erat pada pangkal ujung tersebut, maka timbullah suara melalui proses rongga mulut sebagai ruang gema atau resonator.

Kalau akan membunyikan, Rending ini ditempatkan diantara bibir atas dan bibir bawah dengan posisi mulut setengah terbuka. Iramanya ditimbulkan dari proses permainan lidah. Lagu Rending bersifat bebas dan spontan menurut selera si pemain. Alat musik rending ini hanya dimainkan oleh satu orang tetapi kadang-kadang dapat dimainkan lebih dari satu orang.

Di Pulau Madura alat musik Rending digunakan sebagai hiburan oleh petani di desa, dimainkan saat waktu senggang di kala para petani sedang menunggu padi yang menguning. Dasar interval nada yang ditimbulkan oleh alat musik Rending ini pada dasarnya berkisar pada interval nada pentatonik slendro.

Source http://senimusik-senitari-jawatimur.blogspot.co.id/?m=1 http://senimusik-senitari-jawatimur.blogspot.co.id/2015/06/alat-musik-rending.html?m=1
Comments
Loading...