Aksesoris Pakaian Adat Berupa Peci Atau Kopyah

0 150

Aksesoris Pakaian Adat Berupa Peci Atau Kopyah

Menurut sejarah suku Betawi tidak termasuk kedalam suku asli DKI Jakarta. Namun kebudayaan dan adat istiadat suku Betawi ini dari dulu sudah terkenal sebagai lambang ikon budaya Jakarta. Kerak telor, gambangkromong, dan ondel-ondel merupakan contoh budaya asli Betawi.

Termasuk diantaranya adalah pakaian adat Betawi. Budaya ini tidak mungkin bisa lepas dari Jakarta sebagai identitas Nasional. Penduduk asli Jakarta seringkali mendapatkan julukan sebagai orang Betawi. Sebagai orang Betawi tentu saja memiliki pakaian adat yang sangat khas dan berbeda dengan suku-suku lain di Indonesia.

Suku Betawi dari dulu memang sangat terkenal dengan kebudayaannya yang masih sangat unik. Kebudayaan ini mereka jaga dan lestarikan sebagai bentuk warisan nenek moyang mereka.

Dengan beberapa contoh budaya warisan nenek moyang mereka suku Betawi menjadi sangat terkenal di seantero negeri.  Misalnya saja mengenai pakaian adat Betawi yang sangat berbeda sekali dengan pakaian adat tempat lain. Pakaian adat suku Betawi ini memiliki atribut dan ciri khas tersendiri. Beberapa contoh pakaian adat suku Betawi antara lain adalah:

Aksesoris Pakaian Adat Berupa Peci Atau Kopyah

Sebenarnya ini sama dengan penutup kepala warna hitam yang sering dipakai pemeluk agama Islam pada saat menjalankan ibadah. Namun bagi masyarakat Betawi peci atau lebih sering disebut kopyah ini biasa dipakai para pria dalam keseharian. Kopyah atau peci orang Betawi umumnya memang berwarna hitam. Tapi ada juga yang berwarna merah dan terbuat dari beludru.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/pakaian-adat-betawi/#!
Comments
Loading...