Aja Keminter Mundhak Keblinger, Aja Cidra Mundhak Cilaka

0 301

Aja Keminter Mundhak Keblinger, Aja Cidra Mundhak Cilaka

Aja keminter mundhak keblinger

Aja keminter mundhak keblinger artinya jangan sok pintar nanti sesat pikiran. Nasihat ini menganjurkan agar meskipun pintar tapi kita tetap harus bersifat terbuka pada pendapat orang lain. Orang yang terlalu mengagungkan kepandaiannya seringkali berakhir dengan memperbodoh dirinya sendiri.

Ojo cidra mundak cilaka

Ojo cidra mundak cilaka artinya jangan berbuat curang nanti celaka. Nasihat ini menekankan agar kita selalu jujur karena hidup jujur dan lurus itulah yang terbaik. Apa contohnya ? Ini misalnya : Memperoleh sederetan gelar tapi dengan “membeli” pada akhirnya hanya akan berbuah cemooh dan bisa jadi berakhir di bui.

Cepat kaya karena korupsi dan suap termasuk dalam perilaku “cidra” juga. Pada awalnya mungkin akan merasa sangat nyaman karena uang diperoleh dengan begitu mudah. Siapa yang nggak senang punya rumah mewah dengan luas halaman nyaris sehektar, mobil puluhan, dst. Tapi jika ternyata berakhir dengan disita polisi atau KPK apa enaknya ? Berbisnis dengan curang, menipu pembeli misalnya. Keuntungan besar cepat diperoleh. Tapi begitu ketahuan, pembeli kabur.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/mamatotik/58133e1eaf7a6199229ea274/belajar-nilai-positif-dari-pitutur-jowo?page=all
Comments
Loading...