Agastya Parwa

0 337

Agastya Parwa

Agastya Parwa adalah teks kesusasteraan Jawa Kuna yang menceritakan tentang percakapan antara Bhagawan Agastya dengan putranya, yakni Sang Drdhasyu. Melalui pembacaan dengan teori Strukturalisme dan Hermeneutik dapat diketahui struktur, fungsi, dan maknanya. Struktur teks ini adalah berbentuk prosa atau gancaran dengan struktur naratif yang menyerupai model penulisan kitab-kitab purana. Fungsi teks ini terutama mencakup fungsi didaktis-religius. Sementara itu, maknanya adalah Panca Sraddha sebagai satu kesatuan yang utuh dan menyeluruh.

Salah satu kesusasteraan Hindu adalah Agastyaparwa. Nama kitab ini diambil dari nama Bhagawan Agastya yang dalam sastra-sastra Sansekerta dikenal sebagai seorang Rshi yang menyebarkan paksa Siwa Siddhanta ke India Selatan sampai ke Indonesia. Ia adalah Bhagawan pengelana yang tidak pernah kembali pulang (Sura, dkk, 2002:iii). Teks Agastyaparwa menceritakan tentang percakapan antara Bhagawan Agastya dengan putranya yang bernama Sang Drdhasyu.

Masa penulisan kitab ini memang tidak diketahui karena tidak memuat angka tahun dan masa pemerintahan seorang raja, sebagaimana lazimnya teks-teks Jawa Kuna lainnya. Akan tetapi, Poerbatjaraka memasukkan teks Agastyaparwa ke dalam teks Jawa Kuna golongan tua. Mengingat susunannya menyerupai kitab Brahmandapurana berbahasa Jawa Kuna dan diperkirakan seumuran dengan teks Sang Hyang Kamahayanikan pada masa Mpu Sindok di Jawa Timur

Teks Agastyaparwa yang dikaji dalam makalah ini adalah Agastyaparwa: Teks dan Terjemahan oleh I Gede Sura, dkk., yang diterbitkan oleh Widya Dharma pada tahun 2002. Dipilihnya teks ini karena diyakini para penerjemah telah melakukan kajian filologi secara mendalam untuk menentukan teks asli yang diterjemahkan. Selain itu, teks dan terjemahan ini belum mendapatkan interpretasi dari penerjemah sehingga masih mempertahankan keasliannya. Oleh karena itu, pengungkapan struktur, fungsi, dan maknanya dapat memperdalam kajian terhadap teks tersebut.

Source https://banyuwangidharma.blogspot.co.id/ https://banyuwangidharma.blogspot.co.id/2016/08/agastya-parwa.html
Comments
Loading...