Adat Adzan dan Iqamah Bagi Bayi yang Baru Lahir

0 336

Adat Adzan dan Iqamah Bagi Bayi yang Baru Lahir

Azan dan iqomah sangatlah di anjurkan bagi bayi yang baru saja di lahirkan oleh sang ibu,pada anggapan masyarakat Jawa agar tidak di dahului oleh hal-hal yang negatif pengaruh jin dan golongan pelet lainnya.Biasanya masyarakat juga mengazani bayi pada waktu masih berada di dalam kandungan sang ibu.

 

Adzan juga berfaedah dan berguna untuk mendidik aqidah dan kepercayaan yang benar dan merupakan awal dari serangkaian proses pendidikan selanjutnya.Bagi bayi yang baru di lahirkan oleh sang ibu sebaiknya langsung di bekali dengan ilmu yang benar agar anak itu kelak memiliki suatu landasan.

Pelaksanaan adzan dan iqamah dilakukan pada saat sang bayi sudah dibersihkan dari cairan dan kotoran lainnya. Lantunan adzan dikumandangkan di telinga bayi sebelah kanan, sedangkan iqamah dilantunkan di telinga bayi sebelah kiri. Pada masyarakat beranggapan agar tidak di dahului oleh jin atau sejenisnya.

Pelantunan adzan dan iqamah bertujuan tidak lain sebagai sarana doa serta seruan kepada bayi agar senantiasa  menjadi anak yang berbakti terhadap orang tuanya.Bagi orang tua anak adalah harta yang paling berharga.Selain azan dan iqamah untuk bayi masih banyak pula tradisi lainnya yang berkaitan dengan sang bayi.

Mulai dari bayi itu lahir  sudah ada tradisi yang menurut masyarakat Jawa harus di lakukan,mulai dari aqiqahan hingga tradisi yang lainnya.Tradisi tidak hanya untuk kelahiran bayi tetapi juga mencangkup tradisi pernikahan,hingga tradisi kematian,masyarakat Jawa meyakininya sebagai bentuk kepercayaan dan suatu hal yang menjadi turun temurun.

Source Adat Adzan dan Iqamah Bagi Bayi Yang Baru Lahir irfanyudhistira
Comments
Loading...