Adu Anjing Jeung Bagong

0 149

Adu Anjing Jeung Bagong

Ini merupakan acara yang mempertunjukkan perkelahian antara anjing dengan babi hutan. Tujuan utama acara ini adalah untuk hiburan, namun tidak jarang juga ada orang yang menjadikan ajang “Adu Anjing jeung Bagong” sebagai sebuah kompetisi. Acara ini biasa dijumpai di daerah kabupaten Bandung atau di daerah lainnya di Jawa Barat ataupun mungkin di daerah lain di luar Jawa Barat.

Konsep dari pertandingan Adu Anjing jeung Bagong hampir sama dengan pertandingan “Ngadu Domba” yaitu dengan mempertemukan antara 1 anjing berhadapan 1 babi hutan dan membiarkannya saling menyerang. Tipe serangan dari keduanya hampir sama, yaitu dengan menggigit lawannya. Bila ada salah satu hewan yang sudah ketakutan, maka hewan itu dinyatakan kalah.

Namun, perlu diingat bahwa ada syarat untuk hewan yang diperbolehkan di pertandingkan, yaitu untuk babi hutan harus yang belum memiliki kedua taringnya dan untuk anjing ada beberapa tipe yang tidak diperbolehkan. Namun, uniknya adalah persentase kemenangan babi hutan lebih besar daripada anjing, mengigat babi hutan itu belum memiliki taring.

Acara ini biasanya dilakukan di daerah hutan dengan arena yang terbuat dari kayu yang berbentuk lingkaran. Acara ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Namun, sayangnya belum banyak orang yang mengetahui tentang acara pertunjukkan ini.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Adu-Anjing-jeung-Bagong/
Comments
Loading...