Adhang-Adhang Tetesing Embun, Pegangan Hidup Orang Jawa

0 59

Adhang-adhang tetesing embun memiliki arti menggantungkan diri pada hal yang belum tentu berhasil. Ibaratnya seperti mencari butiran tetes embun dipagi hari, namun berapa banyak tetes embun yang dapat Anda kumpulkan, tidak dapat diperkirakan karena esuk hari belum tentu Anda menjumpai embun.

Kata-kata ini mengandung makna bahwa dalam kehidupan ini Anda harus berusaha dengan kekuatan sendiri dan tidak mengharapkan pemberian orang lain. Anda juga harus mampu membuat perencanaan supaya tidak kecewa dikemudian hari. Setiap hari merupakan lembaran baru yang dapat Anda tentukan akan bergerak ke arah mana. Jika Anda memutuskan untuk bermalas-malasan dan menggantungkan bantuan dari pihak lain, maka hidup Anda akan mendapatkan kesusahan layaknya musafir yang mengumpulkan tetesan embun agar dapat melepaskan dahaga.

Kata-kata mutiara bahasa Jawa ini menganjurkan kepada setiap manusia, untuk selalu giat bekerja setiap hari. Setiap perbuatan akan memberikan imbal balik, entah sekecil apapun perbuatan yang Anda lakukan. Pecayalah hidup mandiri tanpa meminta belas kasihan orang lain itu lebih nikmat dan menyenangkan daripada berpasrah pada pertolongan orang lain.

Source http://agussiswoyo.com http://agussiswoyo.com/basa-jawa/kata-kata-bijak-bahasa-jawa-saloka-adhang-adhang-tetesing-embun/

Leave A Reply

Your email address will not be published.