Adat Sunda Tunangan

0 953

Adat Sunda Tunangan

Prosesi pernikahan yang ketiga adalah prosesi patuker beubeur tameuh, yaitu dilakukan penyerahan ikat pinggang warna pelangi atau polos kepada sang wanita.

Sebelum melanjutkan ke tahapan yang lebih serius, yakni pernikahan, ada beberapa orang yang lebih dulu memilih untuk bertunangan. Apakah hal itu kini juga menjadi keputusanmu? Sama seperti pernikahan, pertunangan bukanlah hal yang bisa kamu permainkan, jadi sebelum memutuskan bertunangan dengan si dia kamu juga harus mematangkan niat dan mengetahui 6 alasan yang harus dipertimbangkan sebelum tunangan. 6 alasan yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu seperti :

Pertama, memberitahu keluarga masing-masing. Jika pertunangan sudah menjadi keputusan kalian berdua, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memberitahu orang tua serta keluarga kalian masing-masing. Keberadaan mereka tentunya akan menjadi sangat penting dalam pertunanganmu nanti. Apalagi restu orang tua, kan?

Kedua, jangan lupa untuk mempersiapkan cicin tunangan. Inilah hal pertama yang harus kamu miliki, kamu tidak akan bertunangan jika tidak ada cincin tunangan. Ajak pasanganmu untuk membeli dan memilih cincin tunangan, soal model cincin sebaiknya kalian sepakati berdua, sesuaikan dengan selera kamu dan juga si dia.

Ketiga, melakukan perawatan diri. Sama halnya seperti pernikahan, saat pertunangan juga bisa jadi sangat menegangkan jika tanpa adanya persiapan. Ingat, bahwa kamu akan bertemu dengan keluarga besarnya, jadi tidak ada salahnya kalau sebelum melaksanakan pertunangan kamu terlebih dulu pergi ke salon untuk melakukan perawatan seluruh tubuh.

Keempat, publikasikan status baru kamu. Pajang foto saat tunangan, perlihatkan muka bahagia kamu bersamanya di sosial media. Saat penting seperti inilah kamu diperbolehkan untuk pamer kebahagiaan, semua orang-orang yang mengenal kamu harus tahu bahwa kamu telah bertunangan.

Kelima, tentukan tanggal pernikahan. Setelah tunangan, maka satu tahap lagi yang harus kamu pikirkan adalah pernikahan. Tentukan kapan waktu yang tepat untuk kalian menikah.

Keenam, siap-siap kamu akan merasa menjadi orang yang paling stres di dunia ini.

Source Adat Sunda Tunangan salangit's blog
Comments
Loading...