Adat Sunda Nincak Endog

0 1.726

Adat Sunda Nincak Endog

Nincak Endog (Menginjak Telur) yaitu merupakan suatu adat dari proses acara pernikahan. Nincak endog ini di mulai dari mempelai pria menginjak telur di balik papan dan elekan (batang bambu muda), kemudian mempelai wanita mencuci kaki mempelai pria dengan air di kendi, mengelapnya sampai kering lalu kendi dipecahkan berdua. Nincak endog ini melambangkan pengabdian istri kepada suami yang dimulai dari hari itu.

Umumnya Upacara pernikahan adat Sunda memiliki banyak prosesi. Namun, semua proses memiliki makna dan keunikan masing-masing. Salah satunya adalah nincak endog (menginjak telur). Prosesi ini akan dilakukan setelah kedua mempelai melakukan akad nikah.

Nincak endog (menginjak telur) ini melambangkan kemampuan mempelai laki laki untuk memberikan keturunan bagi generasi keluarga. Hal -hal yang perlu disiapkan di dalam prosesi Nincak Endog adalah satu kendi berisi air, telur mentah, satu papan kecil bambu dan handuk.

Mempelai laki laki akan memecahkan telur tersebut dengan cara menginjak papan bambu yang di bawahnya terdapat telur mentah. Kaki yang digunakan adalah kaki sebelah kanan.

Mengapa bukan kaki kiri? Hal ini dikarenakan orang meyakini bahwa kanan adalah arah menuju kebaikan. Setelah mempelai pria memecahkan telur, mempelai wanita akan membersihkan kaki suaminya dengan air menggunakan kendi.

Kemudian kedua mempelai akan memecahkan kendi tersebut bersama sama. Prosesi ini melambangkan bahwa mempelai perempuan akan menaati sang suami mulai dari detik itu. Dan mempelai perempuan tidak akan melukai sang suami dengan pikiran pikiran negatif. Unik sekali prosesi ini. Prosesi ini akan mengundang gelak tawa karena akan banyak banyolan banyolan tentang sex.

Source Adat Sunda Nincak Endog pernikahan
Comments
Loading...