Adat Sunda Mawakeun

0 437

Adat Sunda Mawakeun

Mawakeun dalam adat Sunda, berarti memberi serangkaian barang yang dibutuhkan oleh pihak calon mempelai perempuan dari calon mempelai laki-laki. Secara adat sifatnya wajib, secara agama tidak. Maksud dari seserahan tersebut adalah sebagai salah satu pembekalan dalam berumah tangga, maka barang-barang yang dipilih berdaya guna. Seserahan dilakukan 3-7 hari sebelum pernikahan, yaitu calon pengantin pria membawa uang, pakaian, perabot rumah tangga, perabot dapur, makanan dan lainnya.

Seminggu atau 3 hari menjelang peresmian pernikahan, di rumah calon mempelai berlangsung sejumlah persiapan yang mengawali proses pernikahan, yaitu Ngebakan atau Siraman. Berupa acara memandikan calon pengantin agar bersih lahir dan batin, acara berlangsung siang hari di kediaman masing-masing calon mempelai. Bagi umat muslim, acara ini terlebih dahulu diawali dengan pengajian.

Seserahan bersifat fleksibel sesuai dengan dana pihak calon mempelai laki-laki. Berikut daftar barang seserahan yang biasanya ada dalam adat Sunda :

Pertama, perlengkapan ibadah. Barang-barang tersebut sesuai dengan agama yang dipeluk oleh kedua calon mempelai. Misalnya jika calon mempelai beraga Islam, seserahan yang dipilih adalah mukena, sajadah, tasbih dan Al-Qur’an.

Kedua, perhiasan. Perhiasan juga tidak ada patokan berapa gram atau berapa macam, bebas saja. Biasanya berupa cincin kawin, gelang, kalung, atau anting. Perhiasan ini sebagai simbol bahwa harapannya sebuah pernikahan akan bersinar dan berkilau.

Ketiga, kebaya dan kain batik. Boleh berupa bahan kebaya seperti brukat, atau kebaya yang sudah jadi. Untuk kain batik, boleh yang bermodel rok atau kain lilit, namun kebanyakan berupa kain lilit.

Keempat, kosmetik dan alat mandi. Kosmetik biasanya berupa paketan seperti bedak, alat bedak, lipstik, minyak wangi, body lotion, dan lain-lain. Alat mandi juga biasanya paketan, terdiri dari sabun mandi, shampo, dan lain sebagainya.

Kelima, baju dan alas kakiBiasanya berupa gaun pesta, baju muslim.

Ketujuh, tas.

Keenam, baju tidur dan pakaian dalam.

Ketujuh, kue dan buah-buahan.

Source Adat Sunda Mawakeun salangit's blog
Comments
Loading...