Adat Sunda Buka Panto

0 577

Adat Sunda Buka Panto

Adat Buka Panto biasanya diawali dengan mengetuk panto (pintu) tiga kali. Kemudian diadakan tanya jawab dengan pantun bersahutan dari dalam dan luar pantu rumah. Setelah kalimat syahadat dibacakan, panto dibuka. Pengantin masuk menuju pelaminan. Prosesi buka panto merupakan salah satu ritual dalam serangkaian upacara pernikahan adat Sunda, yang biasanya dilaksanakan setelah prosesi nincak endog.

Prosesi ini memberikan pemahaman kepada kedua pengantin dalam hidup bermasyarakat. Yaitu, agar dapat bergaul baik dengan tetangga dan diterima menjadi bagian dari lingkungan sekitar, keduanya harus membuka panto terlebih dahulu. Ritual yang dilakukan seusai akad nikah ini dimulai dengan mempelai pria mengetuk perlahan panto rumah sebanyak tiga kali.

Dari dalam sang mempelai wanita telah menanti pujaannya di depan panto. Pengantin wanita menjawab ketukan dengan sebuah tembang berisi pertanyaan. Dengan penuh harap, mempelai wanita menunggu jawaban untuk memastikan apakah benar orang yang berada di luar sana merupakan lelaki pujaannya atau bukan. Dahulu, kedua mempelai saling berdialog seperti berpantun dalam bahasa Sunda, tetapi sekarang ini juru rias selaku pemimpin jalannya upacara membantu kedua mempelai untuk berdialog.

Percakapan itu pun diakhiri dengan mempelai wanita mengajukan agar mempelai pria mengucapkan dua kalimat syahadat. Hal ini untuk membuktikan apakah sang suami dapat menjadi imam yang baik dalam kehidupan berumah tangga nanti.

Setelah pintu terbuka dan sang suami masuk ke dalam, sang mempelai wanita menyambut suaminya dengan menjabat tangan khas tradisi Sunda yang disebut munjungan. Caranya, mempelai wanita dan mempelai pria saling menyentukan kedua telapak tangan lalu kedua ujung jarinya ditempelkan ke hidung. Kemudian mempelai wanita menunduk sedikit, serta menyentuhkan ujung-ujung jarinya kepada kedua ujung jari mempelai pria sebagai tanda hormat istri kepada suami. Maksud dari berjabatan tangan itu pula agar suami lebih santun.

Di akhir upacara buka panto, mempelai wanita berdiri di sisi kanan mempelai pria untuk digandengkan (pacantel) tangan kiri mempelai wanita.

Source Adat Sunda Buka Panto weddingku
Comments
Loading...