Adat Pulang Tige Ari Betawi

0 503

Adat Pulang Tige Ari Betawi

Pesta yang ini ibaratnya seperti penyambutan sampai rumah pengantin pria. Jadi sebelumnya pengantin pria  menginap di rumah pengantin putrinya. Biasanya di sini juga disiapkan puade (pelaminan) untuk menyambut para tamu yang tidak datang waktu pernikahan (di kediaman pengantin putri) belum sempat memberi doa restu. Untuk pengantin putrinya, saat – saat ini diberi wejangan/nasihat tentang bagaimana sebaiknya perilaku menantu wanita yang seterusnya akan menetap dan berada di lingkungan kehidupan suami, keluarga dan mertuanya.

Untuk keperluan acara pulang tiga hari tersebut utusan yang bertindak sebagai wakil keluarga pengantin laki – laki akan datang menjemput pengantin perempuan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Keberangkatan pengantin perempuan diantar oleh beberapa orang yang mewakili orang tuanya.

Sebelum berangkat ke rumah mertuanya ia diberi wejangan/nasihat, misalnya ia harus bangun lebih pagi dari pada mertuanya saat berada di rumah mertuanya dan seterusnya.

Disamping wejangan – wejangan tersebut yang khusus dan penting adalah : Apabila malam setelah pesta di dalam kamarnya ia menemukan sepotong kain putih dan seperangkat tempat sirih berisi daun sirih dan kelengkapannya, maka ia harus mau diajak kumpul bersama suaminya.

Menurut adat bahwa setelah malamnya mereka kumpul sebagai suami istri, keesokan harinya atau pagi – pagi sekali si suami akan meletakkan perangkat sirih tersebut didepan pintu kamar pengantin. Apabila tempat sirih itu terletak rebeh memberi pertanda bahwa pengantin perempuan masih suci.

Dalam hal demikian orang tua pengantin laki – laki memahami makna artinya dan mengucapkan syukur. Begitu pula halnya orang tua mempelai perempuan sangat gembira diberi tahu bahwa anaknya menikah dengan keadaan suci. Bagi orang tua pengantin perempuan kesucian sebelum nikah dinilai sangat tinggi karena hal itu berkaitan dengan martabat dan harga diri anak perempuannya, orang tua serta seluruh keluarganya.

Source Adat Pulang Tige Ari Betawi kembang kelape
Comments
Loading...