Adat Pisowan Dari Cirebon

0 37

Adat Pisowan Dari Cirebon

Pisowan belum banyak yang mengetahui tradisi ini. Pisowan atau dikenal juga tradisi Caos adalah tradisi sirahturahmi warga untuk bertemu sultan. Hal ini bertepatan dengan salah satu rombongan kunjungan para seniman dan budayawan kesultanan Mataram Islam berkunjung ke Keraton kesepuhan pangeran raja Adipati Arief Natadiningrat atau Sultan Sepuh XIV langsung diterima Oleh Sultan Minggu, 12/2/2017.

Ratusan Orang seniman dan budayawan langsung diterima oleh Sultan Sepuh di bangsal Prabayaksa Keraton Kesepuhan. Dengan menggenakan busana adat kesultanan Matatam. Rombongan yang dipimpin Sri Narendra Kalaseba juga menyerahkan glondong pangareng-areng (matur bakti). Artinya persembahan untuk Sultan dari mulai batik hingga Kursi malas.

Menurt R Andy salah satu pemerhati budaya mengabarkan kalau tradisi Pisowan merupakan tradisi turun temurun sejak jaman Sunan Gunung Jati seperti dikatakan juga oleh Sultan. Hal yang menarik dari rombongan ini semua yang hadir mengenakan busana adat kesultanan mataram warna hitam lengkap dengan pusaka wedung dan keris.

Source https://newswartapublik.wordpress.com/ https://newswartapublik.wordpress.com/2017/02/14/mengenal-budaya-adat-pisowan-dari-cirebon/
Comments
Loading...