Adat Perempuan Melamar Laki Laki Di Lamongan

0 8

Adat Perempuan Melamar Laki Laki Di Lamongan

Lamongan selain memiliki keunikan dalam bahasanya, masakan, juga memiliki adat yang unik. Salah satu adat yang unik tersebut adalah kebiasaan dalam prosesi lamaran. Disebagian besar kota di Jawa Timur, lelaki biasanya melamar perempuan. Tetapi di Kabupaten lamongan justru perempuan yang melamar lelaki. Hal tersebut termasuk dialami oleh penulis.

Dalam prosesi lamaran hal yang dibicarakan oleh pelamar adalah kesdiaan calon mempelai putra menerima calon mempelai putri, kesepakatan hari pernikahan dan kesepakatan  lain. Pelamar umumnya adalah orang tua calon mempelai putri atau keluarga yang dianggap tua si keluarga putri. Sedangkan yang menerima tamu biasanya adalah orang tua calon mempelai putra. Kadang-kadang calon pengantin putra ikut menemui tamu.

Pada zaman dahulu pelamar biasanya membawa makanan sebagai berikut : gemblong, wingko, pisang, Nasi besrta lauknya, lemet, dan rengginang. Di masa sekarang bawaan tersebut lebih bervariasi. ada yang masih mempertahankan bawaan tersebut ada pula yang mengantinya dengan makanan modern saat ini, misalnya roti, daln lain sebagainya.

Konon kabarnya adat lamaran “Perempuan Melamar Lalaki” di Kabupaten Lamongan dimulai dari sebuah cerita rakyat. Ada dua versi cerita rakyat yang berkembang di masyarakat Lamongan yang menceritakan asal usul “Perempuan Melamar Lalaki”. Versi yang mashur adalah cerita rakyat dengan judul ” Panji Laras Liris”, yang kedua adalah cerita rakyak ” Demang Paciran Melamar Putri Bawean”.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/ADAT-LAMARAN-LAMONGAN/
Comments
Loading...