Adat Nyalin Sebelum Panen Tiba

0 32

Adat Nyalin Sebelum Panen Tiba

Kabupaten Karawang sangat terkenal dengan sebutan kota lumbung padi. Dulu, di Karawang sawah-sawah terbentang amat luas. Banyak penduduk disana yang berprofesi sebagai petani. Namun saat ini sudah mulai bermunculan pabrik-pabrik Industri dan mulai di kenal dengan kota Industri. Walaupun demikian, masih banyak juga warga yang mempertahankan profesinya sebagai petani dan mempertahankan areal persawahannya.

Menurut para petani, panen merupakan suatu rezeki dari yang Maha Kuasa. Sebagai tanda syukur tersebut, warga sekitar sawah di Karawang membuat suatu acara sebelum panen yang sudah menjadi kebiasaan yang disebut Adat Nyalin. Upacara adat nyalin tersebut merupakan tradisi yang telah dilakukan sejak budaya orang tua dulu.

Upacara Nyalin merupakan suatu warisan budaya leluhur yang bermaksud untuk berhubungan timbal balik antara alam dengan manusia. Dan juga sebagai wujud rasa syukur atas pemberian rezeki dari Tuhan.

Upacara Nyalin diawali dengan tari-tarian, disusul doa. Tarian tersebut menggambarkan kegembiraan masyarakat menjelang panen. Selama acara berlangsung, biasanya warga bisa menikmati iringan musik kecapi dan alat musik khas Sunda lainnya.

Warga yang datang ke lokasi Nyalin membawa nasi kuning dan nasi putih serta berbagai jenis lauk pauk. Berbagai jenis makanan yang dibawa ke lokasi upacara Nyalin bukanlah pesugihan. Berbagai jenis makanan itu akan dimakan secara bersama-sama di tengah areal sawah. Warga Karawang sangat antusias dalam acara Nyalin ini, karena selain dapat mengungkapkan rasa syukur atas apa yang Tuhan berikan, mereka pun dapat menjaga rasa kekeluargaan dan mempererat tali persaudaraan dengan warga sekitarnya.

Upacara adat Nyalin merupakan suatu budaya yang perlu dilestarikan. Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, kita jangan sampai melupakan budaya daerah sendiri. Kita sebagai masyarakat harus mengembangkan budaya sendiri, serta peran dari pemerintah pun sangat dibutuhkan dalam mendukung perkembangan budaya daerah.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Adat-Nyalin-sebelum-Panen-Tiba/
Comments
Loading...