Adat Jawa Tengah Wilujengan

0 338

Adat Jawa Tengah Wilujengan

Masih prosesi permohonan restu, kali ini kedua keluarga meminta pada Tuhan Yang Maha Esa untuk memberikan kelancaran pada prosesi acara, hal ini ditandai dengan makan bersama yang disertai dengan doa. Dalam proses acara wilujengan ini biasanya di sertai dengan adanya makanan makanan tradisioal yang sangat unik dalam penyajiannya.

Keunikan ada pada makanannya yang di sajikan di antaranya ialah:

  1. Golong sejodo

Ini biasanya dibuat dari nasi putih yang berbentuk tumpeng atau seperti gunung yang berjumlah dua (sepasang).

  1. Tumpeng Robyong

Merupakan tumpeng dari nasi putih yang pinggirnya dihiasi dengan daun-daunan, antara lain daun dadap, daun turi, dan sebagainya. Tumpeng robyong sebagai gambaran kesuburan dan kesejahteraan.

  1. Tumpeng Gepak

Merupakan pralambang dari “rojo koyo” yaitu hewan-hewan peliharaan dari orang yang sedang melaksanakan hajat tersebut, semoga hewan peliharaan tersebut dapat cepat beranak pinak, sehingga dapat dipergunakan untuk membantu kehidupan manusia.

  1. Ambengan

Adalah nasi putih yang ditempatkan dalam wadah, wadahnya dapat berupa panci atau besek.
      5. Ingkung

Adalah ayam yang dimasak secara utuh setelah dibersihkan bulu dan kotorannya.

  1. Jenang Palang

Adalah nasi putih yang dicampur dengan gula merah dan diatasnya diberi daun pandan yang dipalangkan dan biasanya ditempatkan pada piring.

  1. Jenang Pliringan

Merupakan pralambang dari “kakang kawah adhi ari-ari”.

  1. Jenang Abang Putih

Sebagai pralambang terjadinya manusia yang melalui benih dari ibu yang dilambangkan dengan jenang warna merah dan benih dari bapak yang dilambangkan dengan jenang warna putih.

  1. Jenang Baro-baro

Merupakan perlambang dari kehidupan mikrokosmos, artinya selain manusia yang hidup di bumi ini ada makhluk hidup lain yang diciptakan oleh Tuhan yang hidup berdampingan dengan manusia itu sendiri.

 

Source Adat Jawa Tengah Wilujengan pernikahanadat.blogspot.com
Comments
Loading...