Adat Jawa Tengah Sowan Luhur

0 330

Adat Jawa Tengah Sowan Luhur

Seperti yang Anda ketahui bahwa bangsa Indonesia mempunyai kekayaan kebudayaan yang sangat banyak sekali, salah satu diantaranya yaitu pada adat pernikahan.

Adat pernikahan di Indonesia beraneka ragam, mulai dari pernikahan adat Solo, Gorontalo, Sunda, Bugis, Betawi, Riau, Aceh, Batak, Dayak, dan masih banyak lagi. Beberapa pernikahan adat di Indonesia masih memegang teguh tahapan adatnya saat upacara melangsungkan pernikahan.

Di kota Solo juga memiliki prosesi pernikahan, salah satu tradisinya adalah Sowan Luhur. Sowan Luhur adalah meminta doa restu dari para sesepuh dan melakukan ziarah kubur ke tempat leluhurnya. Sowan Luhur maksudnya adalah meminta do’a restu dari para sesepuh dan priyagung serta melakukan ziarah kubur ke tempat leluhurnya.

Biasanya prosesi dimulai selama satu minggu sebelum akad nikah yang menjadi acara puncaknya, segala urutan acara adat ini akan membuat anda mendapatkan limpahan doa dan kasih sayang dari orang terdekat, mulai dari keluarga, kerabat dan juga sahabat.

Pada proses ini, kedua calon pengantin melakukannya secara bersama. Mereka akan berkunjung/datang ke rumah saudara ( biasanya yang lebih tua atau di tuakan ) untuk meminta doa restu. Jika memang sudah meninggal, bisa datang ke kuburan untuk berziarah.

Source Adat Jawa Tengah Sowan Luhur pernikahanadat.blogspot.com
Comments
Loading...