Adat Jawa Tengah Sikepan Sindur

0 1.155

Adat Jawa Tengah Sikepan Sindur

Suku Jawa merupakan salah satu suku yang memiliki segudang tradisi leluhur yang mencirikan masyarakatnya. Hampir setiap peristiwa sakral dilakukan dengan ritual yang memiliki nilai-nilai yang tinggi. Karena itu, pernikahan pun tidak lepas dari prosesi adat Jawa yang mengandung makna dan filosofi  tinggi. Makna ini tentu akan mengiringi  kehidupan pengantin baru yang akan segera dijalani. Berikut ini prosesi pernikahan adat Jawa yang terlihat amat sakral dan menarik.

Sikepan Sindur dilakukan setelah injak telur. Prosesi ini dilakukan dengan  bapak dari pengantin perempuan membentangkan kain atau sindur kepada kedua mempelai oleh ibu, kemudian melangkah berjalan menuju ke pelaminan. Bagian ini melambangkan harapan dari orang tua agar kedua mempelai selalu erat karena telah dipersatukan. Tugas Ayah dari pengantin adalah menuntun kedua mempelai dengan berjalan memegang sindur tersebut.

Arti Sindur/ Isin Mundur

Sindur atau isin mundur, artinya pantang menyerah atau pantang mundur. Maksudnya pengantin siap menghadapi tantangan hidup dengan semangat berani karena benar. Selain itu, makna dari masing-masing prosesi mengandung simbol yang bikin merinding haru para pengantin.

Sikepan sindur ini dilakukan oleh ibu pengantin wanita. Sementara makna dari upacara ini adalah dengan sindur diharapkan mereka akan semakin erat karena dipertemukan atau dipersatukan oleh sang ibunda.

 

Source Adat Jawa Tengah Sikepan Sindur idn times
Comments
Loading...