Adat Jawa Tengah Salar

0 501

Adat Jawa Tengah Salar

Salar yaitu merupakan suata adat yang di lakukan sebelum menikah. Yaitu dimulai dari pihak mempelai pria, kemudian akan mengirimkan utusan untuk mengetahui informasi tentang calon wanita dan hasilnya akan diutarakan utusan dalam sebuah acara.

 

Jika pihak pria dan wanita telah sepakat, barulah pihak pria akan datang  untuk melamar wanita yang akan menjadi pengantin bagi anak laki – lakinya. Biasanya ini di sebut dengan nglamar/lamaran.

Pengertian Adat Salar

Jika di ulas lebih detail Upacara Salar adalah perjalanan utusan ke rumah orang tua calon pengantin perempuan dengan tujuan meminta keterangan tentang status calon pengantin wanita, apakah masih sendiri atau gadis ataukah sudah ada yang punya. Pada Acara Salar, jawaban pada acara Congkog akan ditanyakan pada acara Salar yang dilaksanakan oleh seorang duta, baik oleh duta yang pertama atau orang lain.

Tahap ini dilaksanakan juga pada saat lamaran H – 1 sebelum menikah. Proses SalarNah, ketika proses Salar ini, kepastian dari mempelai wanita harus diberikan.

Pada saat inilah keluarga pria sudah dapat kepastian apakah kedua mempelai akan dapat dipersatukan melalui jenjang pernikahan atau tidak. Pada upacara Salar ini juga membahas informasi yang didapat dari acara Congkog. Informasi terpenting yang harus ditanyakan adalah status dari calon mempelai perempuan.

 

Source Adat Jawa Tengah Salar all about story
Comments
Loading...