Adat Jawa Tengah Nontoni

0 759

Adat Jawa Tengah Nontoni

Nontoni adalah upacara untuk melihat calon pasangan yang akan dinikahinya. Di masa lalu orang yang akan nikah belum tentu kenal terhadap orang yang akan dinikahinya, bahkan kadang – kadang belum pernah melihatnya, meskipun ada kemungkinan juga mereka sudah tahu dan mengenal atau pernah melihatnya.

Agar ada gambaran siapa jodohnya nanti maka diadakan tata cara nontoni. Biasanya tata cara ini diprakarsai pihak pria. Setelah orang tua si perjaka yang akan diperjodohkan telah mengirimkan penyelidikannya tentang keadaan si gadis yang akan diambil menantu.

Bagian pertama dari rangkaian pernikahan solo adalah Nontoni. Tujuan dari nontoni adalah untuk mengetahui status gadis yang akan dijodohkan dengan anaknya, apakah masih legan atau sendiri atau telah memiliki pilihan sendiri.

Hal ini dilakukan untuk menjaga agar jangan sampai terjadi benturan dengan pihak lain yang juga menghendaki si gadis menjadi menantunya. Penyelidikan itu dinamakan dom sumuruping banyu atau penyelidikan secara rahasia.

Setelah hasil nontoni ini memuaskan, dan si perjaka sanggup menerima pilihan orang tuanya, maka diadakan musyawarah di antara orang tua / pini sepuh si perjaka untuk menentukan tata cara lamaran. Pada zaman dahulu orang tualah yang aktif mencarikan jodoh anaknya.

Apabila orang tua pihak laki Рlaki mempunyai pandangan calon menantu yang dianggap cocok, si calon pengantin laki Рlaki diajak ke rumah melihat calon istri untuk melihatnya (nontoni dalam bahasa Jawa). Pada waktu nontoni, si calon pengantin perempuan disuruh mengeluarkan minuman, lalu diajak duduk sebentar oleh orang tuanya.

 

Source Adat Jawa Tengah Nontoni pernikahanadat.blogspot.com
Comments
Loading...