Adat Jawa Tengah Nglamar

0 820

Adat Jawa Tengah Nglamar

Nglamar atau melamar yaitu melanjutkan pembicaraan yang berarti sudah ada persetujuan para calon besan. Pada upacara nglamar utusan dari orangtua calon mempelai pria datang melamar pada hari yang telah ditetapkan. Biasanya sekaligus menentukan waktu hari pernikahan dan kapan dilakukan rangkaian upacara pernikahan. Jika menentukan hari pernikahan dan lain – lain sudah dilakukan pada saat sebelum bertunangan, maka waktu nglamar itu hanya ada keluarga inti calon suami dan keluarga inti calon istri.

Proses Nglamar, atau sering disebut Lamaran ini merupakan proses dimana orang tua calon mempelai pria mengutus seseorang untuk melamar wanita sekaligus menentukan waktu yang tepat untuk melakukan upacara pernikahan. Keempat proses diatas hanyalah langkah awal dalam proses membangun rumah tangga. Setelah proses melamar wanita selesai, kedua belah pihak keluarga akan mempersiapkan berbagai macam acara upacara untuk meresmikan kedua pasangan agar menjadi suami – istri yang sah.

Dalam tata cara perjodohan adat lama, upacara lamaran bersifat terbuka, spekulatif dan membutuhkan kesiapan jiwa dari pihak si pelamar. Dalam arti, siapapun boleh mengajukan lamaran kepada si gadis. Akan tetapi, pihak keluarga si gadis membutuhkan waktu untuk memberikan jawaban, apakah lamaran ditolak atau diterima. Bisa dalam beberapa hari atau berbulan – bulan.

Namun sekalipun intinya menyetujui lamaran dan menerima, pihak wanita biasanya tetap minta waktu untuk memikirkannya. Karena hal ini berkaitan dengan harga diri keluarga. Kalau pihak keluarga wanita dengan mudah menerima lamaran yang datang, maka mereka dianggap menurunkan derajat anak gadis mereka di hadapan keluarga pelamar.

Source Adat Jawa Tengah Nglamar all about story
Comments
Loading...