Adat Jawa Tengah Injak Telur

0 357

Adat Jawa Tengah Injak Telur

Bulan besar merupakan bulan yang penuh dengan berkah bagi umat Islam apalagi bagi orang Jawa, pada bulan ini biasanya para pemuda – pemudi di pulau ini mengadakan suatu acara yang sangat penting bagi kehidupan mereka dan masih banyak dari mereka yang menggunakan adat – istiadat orang Jawa kuno. Adat istiadat ini terkadang disalah artikan oleh sebagian orang – orang yang terlalu fanatik pada adat tersebut.

Telur dimaknai sebagai harapan agar pengantin memiliki keturunan yang merupakan tanda cinta kasih berdua. Setelah menginjak telur, pengantin wanita akan membasuh kaki pengantin pria yang merupakan lambang kesetiaan seorang istri pada suaminya.

Salah satu adat Jawa dalam sebuah pernikahan adalah “Injak Telur” sering kali kita lihat setelah akad nikah berlangsung kedua mempelai dipertemukan dan melakukan upacara adat sederhana tersebut, tapi masih sangat minim pengetahuan kita tentang apa sebenarnya arti dari Injak Telur tersebut.

Apa sebenarnya “Injak Telur” itu? Injak Telur adalah sebuah upacara yang dilakukan dalam pernikahan adat Jawa sesudah atau sebelum dilaksanakannya akad nikah. Dalam kasus ini sang pria yang menginjak telur yang kemudian dibersihkan oleh sang mempelai wanita.

Apa Nilai dan Makna Upacara “Injak Telur”? Pernikahan merupakan awal hidup bagi seseorang untuk mengarungi hidup bersama orang lain dengan sebuah ikatan janji. Acara pernikahan ini pastinya tidak akan berlangsung dengan tanpa adanya perayaan (bagi yang merayakannya) dan bagi orang Jawa kebanyakan mempunyai adat tersendiri dan terkadang agak berlainan dengan adat – adat Islami. Adat injak telur ini sering kali dikatakan takhayul, tetapi kenyataannya tidak.

Source Adat Jawa Tengah Injak Telur idn times
Comments
Loading...