Adat Jawa Tengah Congkog

0 623

Adat Jawa Tengah Congkog

Jangan bosan mendengarkan celotehan tentang pernikahan adat Jawa di saat orang – orang heboh dengan modernisasi, harusnya kita mempertahankan budaya. Indonesia memiliki banyak budaya dan adat, termasuk jawa. Meskipun kehidupan berangsur – angsur beralih ke kehidupan modern, namun upacara – upacara sakral seperti pernikahan lebih sering mengandalkan adat budaya leluhur. Pernikahan adat jawa memiliki tahapan – tahapan yang hendaknya dilaksanakan. Dan inilah tahapan – tahapan yang dimiliki oleh pernikahan adat jawa solo yang sering dilakukan oleh berbagai kalangan.

Babak 1: pembicaraan

Congkog yaitu Proses menanyakan serta mencari informasi dari calon besan mengenai putri yang akan dilamar. Melamar wanita Jawa untuk dijadikan pendamping hidup dalam berumah tangga memiliki beberapa tahapan yang biasanya akan dilakukan oleh keluarga calon mempelai pria. Tahapan-tahapan ini dilakukan untuk membicarakan dan memastikan kesediaan keluarga wanita yang ingin dinikahi hingga proses “tembung” atau melamar.

Secara garis besar langkah – langkah dalam melamar wanita menurut adat Jawa diantaranya adalah : Proses Congkog yang merupakan sebuah proses dimana keluarga calon pengantin pria mengutus seorang duta atau perwakilan untuk menanyakan dan mendapatkan berbagai informasi mengenai kondisi calon pengantin wanita yang akan dilamar. Tugas duta yang utama ialah menanyakan status calon mempelai perempuan, masih sendiri atau sudah ada pihak yang mengikat.

Kondisi tersebut bisa berupa status perkawinan, kesiapan calon mempelai wanita, hingga hal-hal lain terkait dengan rencana melamar. Pada proses Congkog ini keluarga calon mempelai wanita diberi kesempatan untuk menjawab kesediannya secara langsung ataupun menunggu untuk beberapa hari.

Source Adat Jawa Tengah Congkog azhar muhammad
Comments
Loading...