Adat Istiadat Jawa : Warga Kidulan Gelar Bersih Dusun

0 38

Warga Dusun Kidulan, Salamrejo Sentolo Kulonprogo, menggelar kirab budaya, Minggu (9/10/2016). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Bersih Dusun Kidulan, yang rencananya akan digelar selama tiga hari. Selain kirab, bersih dusun juga dimeriahkan dengan pentas seni masyarakat setempat serta doa bersama. Dalam kirab, para peserta berjalan dari Makam Ruang Tunggal yang merupakan makam tertua di wilayah tersebut, menuju Watu Ombo dan berakhir di Sendang Klampok.

Di sana, merupakan tempat yang dipilih sebagai pusat pelaksanaan kegiatan bersih dusun. Tokoh masyarakat setempat, Mangun Wiharjo menyampaikan, kegiatan bersih dusun dilakukan untuk membersihkan Dusun Kidulan dari segala jenis penyakit, baik jasmani mau pun rohani. Selain itu, pelaksanaan bersih dusun ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan persaudaraan warga Kidulan.

Jangan sampai keanekaragaman yang ada membuat kami bercerai-berai

kata Mangun Wiharjo, di sela acara. Pelaksanaan kirab dalam bersih dusun ini,  diwarnai dengan pembakaran ogoh-ogoh. Tujuannya, sebagai penolak bala agar masyarakat setempat terhindar dari musibah. Mereka meminta perlindungan dari Tuhan YME dengan memanjatkan do’a.

Kirab ditutup dengan perebutan gunungan hasil bumi sebagai upaya ngalap berkah. Warga kemudian makan tumpeng bersama  sebagai simbol kemakmuran dan kerukunan

ujarnya. Warga setempat, Novi Puji Lestari menambahkan, kirab budaya dalam rangka bersih dusun ini, baru pertama kali digelar. Sebelumnya, warga hanya menggelar bersih dusun.

Source krjogja.com krjogja.com/web/news/read/12086/Tolak_Bala_Warga_Kidulan_Gelar_Bersih_Dusun
Comments
Loading...