Adat Istiadat Jawa : Wanita Timika Jajal Budaya Yogya

0 38

Timika Papua tampak antusias menjajal pakaian kebaya dan berkeliling desa dengan menggunakan gerobak sapi, Kamis (13/10/2016) siang. Adat istiadat yang sangat berbeda antara Yogyakarta dan Papua membuat mereka tak henti melempar senyum di kala kegiatan yang dipusatkan di Omah Kecebong Sendari Tirtoadi Mlati Sleman. Penggagas Omah Kecebong, Hasan Setyo Prayogo kepada mengatakan 40 ibu-ibu tersebut secara khusus datang ke Yogya untuk merasakan menjadi orang “Yogya” dengan mengenakan kebaya yang merupakan pakaian khas Yogyakarta. Menurut dia, warga yang tergabung dalam perkumpulan doa bersama di Timika tersebut belum pernah merasakan pengalaman secara langsung belajar budaya Jawa.

Mereka ingin merasakan mengenakan kebaya dan tadi terlihat sekali antusiasmenya ketika memasang jarik terutama. Nah, mereka juga berkeliling desa dengan gerobak dan merasakan menumbuk dan memanen padi di sawah, menurut mereka ini pengalaman baru yang tak terlupakan

ungkapnya. Hasan mengaku cukup senang lantaran budaya Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri untuk warga masyarakat di daerah lain.

Ternyata budaya kita dikagumi wisatawan dari daerah lain dan kali ini Timika Papua, cukup jauh dari Yogyakarta

imbuhnya. Salah satu perwakilan warga Timika, Ona Banoh mengaku sangat tertarik dengan budaya Yogyakarta. Ia bersama rekan-rekannya pun menyempatkan diri mampir ke kawasan Sleman untuk mencoba melihat Yogyakarta dari sisi lain.

Kalau Malioboro (Kraton) pasti

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.2tDED7N9bDuDsmyC_QunlZ-4r2lKDWSvwBydDX7YKnyz6jQp9ZAFUWG950MWq5lknv5iGtP_vyPrX5jsR_RsJQ
Comments
Loading...